Ini Dia 8 Tipe Fans Bola Di Indonesia. Kamu Yang Mana?

4017
American football fans among falling confetti

Tidak lengkap rasanya sepakbola tanpa kehadiran fans. Suatu klub di pandang besar bukan hanya karena prestasinya, tetapi juga dilihat dari seberapa besar basis mereka di dunia. Tidak heran bila klub-klub adidaya mempunyai berbagai cara untuk menggaet fans di seluruh dunia.

Meskipun memberikan warna tersendiri, namun setiap memiliki karakternya masing. Terkadang ada yang nyenengin, namun tidak sedikit pula yang bikin kesel. Berikut ini adalah tipe-tipe fans yang ada di indonesia. Kamu yang mana?

1. Fans Dewasa

Ini adalah tipe fans yang sangat realistis. Berbicara berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Bahkan dia tidak sungkan berbicara tentang kekurangan timnya sendiri di hadapan supporter lawan. Dia pun juga tidak sungkan untuk memuji prestasi tim rival.

Fans tipe ini paling enak buat di ajak diskusi sepakbola. Biasanya pengetahuan mereka juga luas karena sudah lama mencintai sepakbola.

2. Fans Bocah

Ya namanya juga bocah, pemikiran mereka masih labil. Ini tipe fans yang rada ngeselin. Omongan mereka kagak jelas. Mereka ini tipe yang tidak cocok untuk di ajak sharing sepakbola. Terlebih bila menyangkut tim favoritnya, mau sebobrok apapun, tetap ada saja sejuta alasan yang nggak logis menyangkut tim mereka. Mending biarin aja deh.

“Tim gue bukannya kalah, tapi sengaja ngalah biar yang lain ngerasa senang.”

Lah…kalau emang mau ngalah, sekalian aja dari awal nggak usah ikutan liga. Hadeeuhh…

3. Fans Karbitan

tipe-suporter-bola
Maunya ngefans sama tim yang juara aja. Kalau timnya udah jelek, ya udah pindah ke tim lain. Yang penting juara terus tiap musim. Mereka nggak ngerti gimana rasanya kepuasan bathin tatkala tim menang sedangkan tim dalam keadaan terpuruk.

4. Fans Terlalu Fanatik

fans-fanatik
Ini yang seringkali membuat sepakbola menjadi rusak, fans yang terlalu fanatik. Mencintai tim dengan cara yang menjurus kasar. Tidak ragu untuk melukai fans lain secara fisik. Apalagi di indonesia, fans-fans yang seperti ini seringkali kita jumpai di lapangan.

Bukan hanya merugikan orang lain, tetapi mereka juga merugikan timnya sendiri. Di hukum bertanding tanpa penonton, bayar denda, dan lain sebagainya.

5. Fans Tukang Bully

Terkadang rada-rada mirip sama fans bocah. kerjaannya ngebully tim atau fans lain. Biasanya dia lebih menikmati kekalahan tim lawan di banding kemenangan timnya sendiri. Pokoknya selalu terdepan deh kalau udah membahas kekalahan lawan. Kalau pun tim lawan menang, tetap harus di bully.

Pas lawan diuntungkan wasit, “Hah…dasar eufalona, penaldo, selalu diuntungin wasit,”

Pas timnya diuntungkan wasit, “Wajarlah…wasit kan juga manusia. Emang lu tau gimana susahnya jadi wasit?”

6. Fans Royal

Ini rada langka sih di Indonesia. Meskipun punya duit, tetapi tidak semuannya mau ngeluarin duit buat tim kesayangan mereka. Lain halnya dengan fans royal, mereka tidak pikir panjang untuk menghaburkan uang demi tim kesayangan mereka. Misalnya beli jersey original, pergi ke eropa buat nonton langsung di stadion, ikutan lelang jersey pemain idola. Mereka semua tidak ragu untuk melakukannya.

7. Fans Aja

sleep-2
Fans tipe ini biasanya sih nggak fanatik sama salah satu klub, lebih tepatnya mereka ngefans sama sepakbola bukan sama klubnya. Dia tidak peduli siapa yang main, yang penting pertandingannya menghibur. Meskipun dia ngefans sama salah satu klub, dia juga nggak terlalu peduli dengan timnya.

“Oh Fabregas udah pindah ke Chelsea ya? kirain masih di Arsenal. hehe”

8. Fans Sejati

tipe-suporter-bola
Nah…ini nih yang paling keren. Mereka perpaduan antara fans dewasa, fans fanatik(bukan fanatik berlebihan), dan selalu mendukung tim apa pun hasil yang di dapat di lapangan. Biasanya disenangi dan disegani fans lawan. Meskipun nggak kenal, dia selalu terbuka menyambut fans lawan saat nobar di basecamp mereka.

SHARE