Tanpa Kamu Sadari, Hal-Hal Berikut Menunjukkan Bahwa Kamu Seorang Ambivert

Tanpa Kamu Sadari, Hal-Hal Berikut Menunjukkan Bahwa Kamu Seorang Ambivert

819
0
SHARE
gambar via mnn.com

Meskipun kebanyakan dari kita cuma mengenal introvert dan ekstrovert, namun sebenarnya masih ada loh tipe kepribadian lain yang bisa saja dimiliki oleh salah satu dari kamu. Tipe ini merupakan perpaduan dari introvert dan ekstrovert, atau biasa dikenal dengan sebutan ambivert.

Sebenarnya, kepribadian ambivert sudah mulai diperkenalkan psikolog sejak tahun 1940an. Dan saat ini pun sudah banyak pembahasan tentang ambivert, namun tipe kepribadian ini cenderung masih terlupakan.

Ketika orang-orang cenderung membahas introvert dan ekstrovert, bisa saja kamu kebingungan karena kamu merasa tidak memiliki salah satu dari dua itu. Jadi, seperti apa mereka yang memiliki kepribadian ambivert? Yuk simak!

1. Kamu lebih efesien dalam berbicara. Tidak selalu diam, namun juga tidak senantiasa berbicara. Hanya saja kamu menunggu moment yang tepat untuk bersuara.

gambar via momtastic.com
gambar via momtastic.com

Kamu bukan pendiam seperti introvert, namun juga bukan seperti eksrovert yang lebih suka bersuara. Kamu akan berbicara dan diam pada saat yang tepat. Oleh karena itu, banyak yang menganggapmu sebagai orang yang cocok untuk dijadikan teman curhat.

2. Kamu bisa berkompromi dengan pembicaraan ringan dan basa-basi. Namun, kamu akan lebih tertarik ketika terlibat dalam percakapan yang mendalam dan spesifik.

gambar via socialpro.com
gambar via socialpro.com

Kamu sebenarnya tidak keberatan dengan pembicaraan ringan atau sekedar untuk basa-basi. Misalnya pembicaraan tentang apa film yang lagi hits sekarang, atau trend apa yang lagi kekinian dikalangan anak muda.

Namun kamu jauh lebih bersemangat ketika membicarakan hal-hal yang lebih serius dan mendalam. Misalnya pembicaraan yang membahas kehidupan.

3. Kamu agak sulit memilih rencana akhir pekan. Pergi ke sebuah pesta mewah atau bergelut sendiri di rumah. Di antara keduanya, tidak ada masalah.

gambar via grand-dictonnaire.com
gambar via grand-dictonnaire.com

Kadangkala kamu merasa seperti ekstrovert dan ingin merasakan sensasi diluar rumah. Namun kadangkala kamu bersifat seperti introvert dan lebih menikmati waktu sendiri di rumah. Mau di luar atau di dalam rumah, sebenarnya kamu tidak keberatan dengan keduanya. Oleh sebab itu kamu menjadi sedikit lebih bingung ketika menentukan akhir pekan.

4. Kepribadianmu bisa berubah tergantung dengan siapa kamu bicara.
no
Kamu itu fleksibel. Kamu bisa menyesuaikan diri dengan lawan bicaramu. Ketika kamu berbicara dengan introvet, kamu akan mengambil peran sebagai ekstrovert. Pun begitu sebaliknya, jika kamu sedang berhadapan dengan ekstrovert yang cenderung untuk berbicara, kamu akan diam dan mendengarkan layaknya seorang introvert.

Jadi kamu yang ambivert tidak memiliki masalah untuk berbicara dengan siapapun.

5. Kamu bisa merasa lelah setelah banyak bersosialisasi. Dan juga merasa gerah bila terlalu lama menyendiri.

gambar via jimbuchan.com
gambar via jimbuchan.com

Kamu menikmati kesendirian. Namun tidak dalam waktu yang lama. Kamu cenderung merasa gerah bila terlalu lama menyendiri. Dalam moment seperti ini, kamu akan menikmati waktu bersama teman-temanmu. Namun jika terlalu banyak bersosialisasi, itu juga membuatmu merasa lelah. Bila sudah seperti ini, kamu akan kembali menikmati kesendirian.

6. Kamu merasa nyaman berada di tengah kerumunan orang yang ramai. Tapi, kamu cenderung hanya mengamati dan tidak melakukan interaksi.

gambar via shutterstock.com
gambar via shutterstock.com

Kamu bukan introvert yang tidak suka dengan keramaian. Namun berbicara dengan banyak orang dikeramaian juga membuat lelah. Kamu cenderung menikmati keramaian dengan cara mengamati saja.

7. Kadang kamu terlihat ambigu. Bergaul dengan mereka yang ekstrovert dan menepi bersama mereka yang introvert. Kamu bisa menyesuaikan diri.

gambar via nvcc.com
gambar via nvcc.com

Kamu si ambivert bisa bergaul dengan komunitas manapun. Baik itu dengan si introvert, ataupun dengan si ambivert. Kamu tidak kesulitan beradaptasi dengan keduanya.

8. Dan dalam pekerjaan pun, kamu juga tidak begitu ambil pusing. Buat kamu, pengerjaan proyek secara berkelompok atau individu itu tidak ada bedanya.

gambar via Kingofwallpapers.com
gambar via Kingofwallpapers.com

Kamu bisa bekerja sendiri layaknya introvert, ataupun bekerja secara kelompok seperti ekstrovert. Kamu nyaman menyelesaikan pekerjaan dengan cara apapun.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY