IPK Kunci Kesuksesan? Ayolah, 8 Orang Terkaya Dunia Ini Tidak Pernah Mencicipi Gelar Sarjana

4912

Mungkin di antara kalian ada yang pernah dijudge gara-gara punya IPK yang rendah. Atau kalian dijadikan bahan percontohan untuk orang-orang yang tidak sekolah? Sakit memang, namun begitulah mindset masyarakat kita. Memang tidak semua, namun masih banyak yang berfikiran bahwa IPK adalah kunci kesuksesan.

Belajar = Sekolah, Tidak Sekolah = Tidak Belajar?

Ayolah…siapa yang pertama kali memikirkan konsep seperti ini? Bahkan seseorang yang sekolah saja belum tentu menjadi garansi bahwa dia benar-benar belajar. Belajar adalah sebuah keharusan. Namun belajar tidak hanya di sekolah. Di luar sana banyak teman-teman kita yang tidak bisa sekolah karena keadaaan. Tetapi apakah mereka berhenti belajar? Tidak juga.

Untuk sekedar kesuksesan dunia, banyak orang-orang yang tidak sempat menyelesaikan sekolah, namun mereka selalu belajar dan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Bahkan banyak di antara mereka yang berada dalam jajaran orang terkaya di dunia. Nggak percaya? Ini buktinya. NB: Jumlah kekayaan merupakan jumlah per tanggal artikel ini diterbitkan.

1. Bill Gates, Microsoft

gambar via forbes.com
gambar via forbes.com

Kalau kamu lagi pakai OS windows pas baca artitel ini, si om Bill gates lah yang pertama kali membuatnya. Sebenarnya Gates sempat kuliah di harvard. Namun yang begitulah, dia nggak sempat menyelesaikan kuliahnya sampai akhir. Namun langkahnya tidak terhenti disana, dia bersama rekannya paul allen mengembangkan windows dan berdiri di bawah bendera Microsoft Corporation. Tahun forbes kembali menempatkan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia dengan harta mencapai $75 B.

2. Amancio Ortega, Zara


Ada yang kenal produk Zara? Atau kamu salah satu pelanggan setianya? Btw, yang bikin produknya itu om Ortega loh. Sebelumnya Ortega sempat bekerja di salah satu toko pakaian. Kemudian dia mencipta toko sendiri dengan brand Zara. Sekarang Zara berada di bawah naungan Inditex yang saham mayoritasnya dikuasai oleh ortega. Forbes menempatkannya di urutan kedua orang terkaya didunia dengan taksiran harta mencapai $67 B.

3. Larry Ellison, Oracle

gambar via forbes.com
gambar via forbes.com

Bagi kamu anak IT pasti familiar dong dengan perusahaan yang satu ini, Oracle. Yups…dia salah satu perusahaan database terbesar di dunia. Pendirinya adalah Larry Ellison. Sebenarnya Larry sempat kuliah di beberapa universitas namun tidak ada yang sampai selesai. Salah satu faktornya adalah kendala biaya. Bahkan di dunia pekerjaan pun dia sering di tolak hingga pada akhirnya dia bergabung dengan Amdex. Dari sinilah dia mendapatkan ide untuk mendirikan Oracle. Forbes sendiri menempatkannya pada urutan ke-6 dalam daftar orang terkaya dunia dengan kekayaan mencapai $43.6 B.

4. Mark Zuckerberg, Facebook

gambar via forbes.com
gambar via forbes.com

Dapat artikel ini darimana? facebook? kalo iya, kebetulan yang membuatnya orang ini. Sebenarnya mark sempat kuliah di harvard meskipun akhirnya harus keluar. Setelah itu bersama 4 orang temannya, mark mendirikan facebook. Bahkan kisahnya telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul “The social network”. Sekarang dia menempati urutan ke-7 orang terkaya di dunia versi forbes dengan harta mencapai $44.6 B.

5. Liliane Bettencourt, L’Oreal


Sebenarnya Liliane bukanlah pendiri L’Oreal. Sebelum dia, keluarganya memiliki saham minoritas di perusahaan tersebut. Namun setelah kedua orangtuanya meninggal, saham tersebut diwariskan kepadanya. Pertama kali bergabung dengan L’Oreal, Liliane hanyalah seorang pegawai magang. Berbagai posisi Ia tempati hingga Ia menjadi seperti sekarang. Sekarang kekayaan Liliane telah mencapai angka $36.1 B dan menempati urutan ke-11 Orang terkaya di dunia versi forbes.

6. Li Ka-shing


Sejak ayahnya meninggal, Li Ka-Shing harus membanting tulang demi membantu keluarganya. Kondisi tingkok waktu sedang tidak stabil pasca perang. Akhirnya dia memutuskan untuk pergi ke hongkong. Disinilah pertualangannya di mulai. Ia mendirikan sebuah perusahaan setelah meminjam uang kepada kelurganya. Naluri bisnis yang kuat membuat dia melebarkan bisnis ke berbagai bidang. Saat artikel ini diterbitkan, forbes menempatkan Li Ka-Shing di urutan ke-20 orang terkaya di dunia dengan kakayaan mencapai $27.1 B.

7. Lee Shau Kee


Dia merupakan pebisnis properti ulung. Melalui Henderson Land Development, Lee menjelma menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Meskipun sebagian besar kekayaan lee berasal dari Henderson Land Development, dia masih memiliki beberapa perusahaan lainnya. Forbes memposisikan dia di urutan ke-30 orang terkaya dunia dengan harta menembus angka $24.6 B.

8. Paul Allen, Microsoft

gambar via forbes.com
gambar via forbes.com

Paul Allen merupakan sosok penting lainnnya dalam sejarah microsoft. Meskipun tidak setenar Gates, namun Paul menciptakan banyak ide untuk kemajuan microsoft. Dalam situs forbes dikatakan bahwa Paul tidak sempat menyelesaikan kuliahnya di Washington State University. Meskipun sekarang dia sudah keluar dari microsoft, kekayaan Paul Allen mencapai $17.8 B dan berada pada urutan ke-44 orang terkaya dunia versi forbes.

Jadi?

Tidak ada kesuksesan yang tidak dibarengi dengan belajar dan kerja keras. Meskipun kamu seseorang yang sekolah atau seseorang yang tidak memiliki kesempatan untuk sekolah, tanpa belajar dan kerja keras tidak akan ada hasilnya. Contoh : ada 2 orang yang perenang handal. 1 belajar di sekolah dan 1 lagi belajar di alam. Pada akhirnya mereka sama-sama menjadi perenang ulung. Kenapa? Karena mereka sama-sama belajar. Cuma medianya saja yang berbeda. Satu di sekolah dan satu lagi di alam. Mereka bekerja keras? Tentu. Tidak ada orang yang sukses dengan malas-malasan.
[sg_popup id=”1″][/sg_popup]

SHARE