Buat Kamu Pasangan Muda, Perhatikan 6 Tips Berikut Sebelum Menyewa Rumah!

129

Tempat tinggal merupakan salah satu problema dari pasangan muda ketika baru menikah. Keinginan untuk hidup mandiri serta memulai kehidupan baru yang terpisah dari orang tua, membuat pasangan muda harus memutar otak untuk mencari hunian baru. Namun permasalahannya adalah, tidak semua pasangan muda mempunyai penghasilan yang cukup untuk membeli rumah sendiri.

Solusi lain yang bisa kamu ambil adalah, dengan menyewa rumah atau sewa apartemen untuk sementara waktu sembari menyiapkan rumah impianmu sendiri. Tinggal dikontrakan bukanlah pilihan buruk, setidaknya dengan begitu, kamu bisa mengatur keuanganmu untuk kebutuhan lain yang lebih urgent. Sebelum kamu menyewa rumah, pastikan kamu sudah membaca tips berikut agar kamu bisa menemukan rumah yang nyaman untuk kamu sewa.

1. Sesuaikan kebutuhan rumah dengan budget yang anda miliki


Sudah jelas harga pasti menjadi pertimbangan utama kamu. Namun biasanya rumah-rumah yang lebih dekat ke pusat kota memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang yang berada di pinggiran. Jangan kuatir, meskipun tidak berada di pusat kota, kamu bisa memilih lokasi yang harganya lebih murah tapi memiliki akses transportasi umum yang bagus. Sehingga itu tidak akan menjadi permasalahan yang berarti. Ingat, bahwa menyewa rumah sifatnya hanyalah sementara. Jadi tidak masalah jika tidak tinggal di pusat kota.

2. Cek setiap detail dari rumah

gambar via sewa-rumah.net

Ketika kamu ingin menyewa rumah, pastikan secara detail dari rumah, seperti jumlah kamar, kamar mandi, instalasi listrik dan semacamnya. Pilihlah rumah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu masih berdua, rumah dengan satu kamar sebenarnya sudah cukup. Namun untuk berjaga-jaga jika ada kerabat yang datang, rumah dengan dua kamar juga merupakan pilihan terbaik. Tapi jangan buang-buang uang untuk tipe rumah yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

3. Perhatikan akses dan lingkungan di sekitar rumahmu


Jangan sampai kamu tinggal di daerah yang sulit diakses atau hanya punya satu akses jalan kesana. Selain itu kamu juga harus mengecek kelengkapan fasilitas umum seperti pasar, ATM, rumah sakit, dan sebagainya. Jika kamu tidak punya waktu untuk itu, kamu bisa akses web sewa-rumah.net untuk melihat kondisi perumahan yang hendak kamu sewa. Disana dijelaskan secara lengkap bagaimana lingkungan tempat tinggal kamu serta fasilitas apa aja yang ada disana. Itu akan sangat membantumu.

4. Mintalah kontak dari pemilik rumah


Ini penting. Jangan sampai kamu mendatangi perumahan yang hendak kamu sewa, tapi kamu tidak tahu harus menghubungi siapa. Ini hanya akan membuang waktumu yang berharga. Namun jika kamu kebingungan untuk mencari kontak dari rumah yang hendak kamu sewa, kamu bisa mengakses web sewa rumah di sewa-rumah.net. Disana tersedia berbagai macam rumah diberbagai daerah strategis lengkap dengan penjelasan dan kontak pemiliknya. Hal itu akan jauh lebih memudahkanmu sebelum survey ke tempat.

5. Perhatikan dengan teliti klausul kontrak rumah


Sebelum anda memutuskan untuk setuju dengan pemilik kontrakan, pastikan lagi perjanjian-perjanjian yang terdapat dalam klausul kontrak. Lebih bagus lagi jika ada perjanjian tertulis tentang siapa penanggung jawab jika terjadi kerusakan, berapa jumlah sewa yang harus anda bayarkan, berapa lama rumah tersebut anda sewa, serta bagaimana sistem kontraknya. Itu untuk memastikan bahwa masing-masing pihak sudah memiliki hak dan kewajiban diatas kertas, sehingga bila ada hal-hal buruk yang terjadi dikemudian hari, tidak terjadi perselisihan antara kamu dan pihak pemilik.

6. Bersosialisasilah dengan tetangga


Tidak peduli seberapa lama kamu akan tinggal disana, apakah dalam kurun waktu yang lama atau sebentar, tetaplah bersosialisi dengan lingkungan di sekitarmu. Dengan demikian kamu akan jauh lebih merasa nyaman tinggal disana.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan saat hendak mencari kontrakan. Namun jika kamu tidak suka tinggal di perumahan, kamu juga bisa sewa apartemen untuk sementara waktu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here